Sabtu, 13 Mei 2017

5 Alasan Kenapa Brand Anda Harus Punya Blog

5 Alasan Kenapa Brand Anda Harus Punya Blog (picture)
Dewasa ini kegiatan branding menjadi hal yang sangat mudah dilakukan. Hanya berbekal perangkat genggam yang terhubung dengan internet kita sudah bisa melakukan branding ke ribuan pasang mata.

Metode branding menggunakan media sosial merupakan kegiatan yang sudah sangat umum dan paling diminati, baik itu menggunakan facebook, instagram, twitter, google+, dan media sosial lainnya. Disamping media sosial, aplikasi chat seperti line, whats app, dan bbm juga tak luput dari kegiatan branding.

Banyak dari kita beranggapan bahwa melakukan branding melalui media sosial merupakan hal paling mudah dan efektif untuk dilakukan oleh oleh para pelaku branding, karena dapat dilakukan darimana pun, kapan pun, dan kepada siapa pun.

Namun, mindset ini ternyata salah, karena masih ada kekuatan lain yang lebih besar dan efektif sebagai wadah dari kegiatan branding kita. Kekuatan itu adalah blog.

Media sosial memang menguasai arus informasi di dunia online. Apalagi kini penggunanya juga semakin membludak. Jika untuk kegiatan personal branding, media sosial memang memiliki pengaruh terbesar. Namun untuk kebutuhan branding dari sebuah brand atau produk, blog masih memegang pengaruh nomor satu.

Pada dasarnya, sebuah brand tidak dapat terlepas dari blog. Ternyata blog memiliki peran besar bagi perkembangan sebuah brand. Oleh karena itu, kami telah merangkumnya kedalam Alasan-alasan Mendasar Kenapa Brand Anda Harus Memiliki Blog, dikarenakan 5 hal berikut.

1. Memperkuat Identitas Brand itu Sendiri
Saat ini, tidak hanya para pebisnis online yang menggunakan blog untuk memperkuat identitas brand mereka. Para pebisnis offline, bahkan yang masih pemula sekalipun sudah memperankan blog sebagai pendukung kegiatan branding mereka.

Dengan menggunakan blog, citra bisnis dari sebuah brand atau produk akan muncul ke permukaan. Citra ini yang nantinya akan memperkuat identitas brand anda. Banyak para pelaku bisnis yang berniat membangun citra bisnis mereka. Namun mereka melakukan hal yang kurang tepat karena tidak mendirikan sebuah blog ‘resmi’.

Membangun citra bisnis adalah keinginan besar para palaku bisnis. Oleh karena itu, membangun sebuah blog yang baik adalah langkah awal yang sangat tepat untuk anda lakukan sekarang ini.

2. Sarana Promosi yang Murah dan Efektif
Meskipun saat ini bisnis yang sedang anda jalankan berbasis pada bisnisi offline dan tidak berhubungan dengan internet, namun tidak ada salahnya jika anda mulai menggunakan blog sebagai media promosi bisnis anda. Menggunakan Blog sebagai media promosi merupakan metode yang sangat tepat.

Selain murah, menggunakan blog ternyata sangatlah efektif. Apalagi ketika blog anda sudah mampu mendatangkan banyak pengunjung. Tentu tidak sedikit dari mereka akan tertarik dengan bisnis atau produk anda. Lalu pengunjung-pengunjung itu pun berubah menjadi ‘konsumen’ yang akan membeli produk ataupun membayar jasa yang anda tawarkan. Meskipun tidak semua pengunjung blog anda akan melakukan transaksi kepada anda.

3. Meningkatkan Popularitas Menggunakan Tehnik SEO Blog
Ketika anda menggunakan blog sebagai media promosi, maka mau tidak mau anda juga dituntut untuk menggunakan tehnik SEO yang nantinya akan anda aplikasikan kepada blog bisnis anda.

Penerapan SEO (Search Engine Optimization) merupakan langkah-langkah yang harus anda terapkan ke blog anda, guna mengoptimalkan blog anda. Sehingga blog anda dapat muncul di halaman pertama mesin pencari, seperti google, bing, yahoo, dan masih banyak lagi.

Ketika blog anda menempati urutan pertama mesin pencari, tentu hal ini akan berdampak baik. Pengunjung blog anda akan semakin banyak dan membludak. Ketika pengunjung blog anda sudah sangat banyak, pastinya hal ini juga berimbas pada peningkatan transaksi ke bisnis anda.

Oleh karena itu, popularitas blog berbanding lurus dengan keuntungan bisnis anda. Semakin Populer blog bisnis anda, maka semakin banyak pula uang yang akan masuk ke dalam rekening anda.

Namun jika anda tidak mampu menguasai tehnik SEO, anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak para penyedia jasa SEO yang bertebaran di dunia maya. Menggunakan orang lain sama artinya dengan merogoh kocek lebih dalam. Ingin menggunakan jasa SEO atau mempelajarinya secara otodidak, adalah pilihan anda sekarang.

4. Mengontrol Arus Informasi
Disaat brand anda mengalami masalah, sedang meluncurkan fitur baru, atau hal-hal lain yang mungkin menimbulkan rasa penasaran publik. Blog bisa menjadi tempat semua arus informasi ‘resmi’ berpangkal. Jadi anda dapat memastikan bahwa masyarakat akan memperoleh informasi langsung dan akurat dari media milik anda sendiri, bukan dari gosip atau isu yang beredar di media sosial.

Misalnya, jika suatu saat brand anda diterpa krisis dan desas-desus mulai bertebaran di luar sana. Anda akan mengerti betapa memiliki sebuah blog resmi adalah sebuah keputusan yang sangat tepat. Tanpa adanya blog, bayangkan bagaimana cara anda berkomunikasi dengan masyarakat, alat apa yang akan anda pakai untuk memberikan klarifikasi atau rilis resmi?

5. Pangkal dari Aktivitas Media Sosial
Saat ini mungkin hampir tidak ada brand yang tidak memiliki media sosial. Namun, apa yang anda publikasikan di media sosial tidak akan bertahan lama. Seperti yang kita tahu, timeline atau news feed tak pernah berhenti mengalir.

Saat anda mempublikasikan sesuatu di media sosial, dapat dipastikan informasi tersebut tidak akan bertahan lama dan dengan cepat terkubur oleh hal lain. Lagipula, seberapa banyak informasi yang bisa dimuat oleh sebuah update di media sosial?

Berangkat dari masalah tersebut, blog adalah solusinya. Blog bisa menjadi sebuah alat yang menjadi muara bagi segala aktivitas brand anda di media sosial. Pengumuman tentang event kompetisi atau kuis, misalnya, tinggal tulis saja penjelasan lengkapnya di blog. Media sosial yang bertugas menyebar ‘undangan’.

Tidak hanya menjadi pangkalnya, tapi masyarakat juga pasti akan lebih percaya, karena informasi resmi itu disampaikan atau diklarifikasikan oleh sebuah blog yang tentunya terilhat lebih profesional dibanding media sosial.

Mungkin cukup sekian dulu informasi yang dapat saya sampaikan berkaitan dengan Peran penting Blog bagi Kelangsungan Brand Anda. Bagaimana pendapat anda tentang informasi ini? Jangan lupa berikan tanggapan, kritik dan saran yang membangun melalui kolom komentar di bawah.


Jika menurut anda informasi ini menambah ilmu dan wawasan anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada sesama yang membutuhkan. Ingat, sebarkanlah ilmu, walaupun hanya sedikit. Oke!
Disqus Comments