Senin, 15 Mei 2017

Apa itu Bisnis Online? Mengapa Lebih Mudah dan Menguntungkan Dibanding Bisnis Offline?

Apa itu Bisnis Online? Mengapa Lebih Mudah dan Menguntungkan Dibanding Bisnis Offline? (picture)

Anda masih bingung dengan "Apa itu Bisnis Online?" Mungkin pertanyaan mendasar itu sering terlintas pada benak anda. Apakah bisa internet dijadikan tempat berbisnis? Jawabannya Ya!

Tenang, kami telah merangkumnya lengkap dalam artikel ini. Definisi Bisnis Online sebenarnya sangat luas. Namun telah kami ambil point-point pentingnya saja. Bisnis Online adalah “Kegiatan menjual atau promosi yang dilakukan secara online (menggunakan jaringan internet).”

Oleh sebab itu, setiap pelaku usaha yang sebagian ataupun keseluruhan aktifitas bisnisnya dilakukan melalui internet, dapat dikatakan mereka sedang melaksanakan bisnis online.

Aktifitas bisnis online ini dapat meliputi kegiatan jual beli online, maupun penyediaan jasa secara online, dan banyak jenis lainnya yang bisa kita temukan di online dengan berbagai bidang industri.

Namun, bukan berarti ketika kita menjalankan bisnis offline, kita tidak bisa menjadikannya bisnis online. Misalnya anda memiliki sebuah toko kelontong, toko mebel, toko baju, dsb. Bisnis tersebut bisa menjadi bisnis online apabila tokonya dibuka atau dipromosikan di internet.

Berdasarkan sistim pelaksanaannya, bisnis online terdiri dari 3 jenis.

1. Online to Online : Maksudnya bisnis online yang dijalankan secara online juga. Contohnya jualan domain dan hosting, jualan ebook, jualan jasa-jasa seperti web design, SEO service, dll.

2. Online to Offline : Maksudnya bisnis online yang kemudian dijalankan secara offline. Contohnya: Seminar-seminar bisnis online, kursus web design, pelatihan SEO, dll.

3. Offline to Online : Maksudnya bisnis online yang sebenarnya dijalankan secara offline tapi kemudian dipromosikan melalui media online. Contohnya toko-toko online yang menjual produk fisik. Seperti toko kaos online, toko mebel online, dll.

Sementara itu berdasarkan peran para pelakunya, bisnis online terbagi dalam 3 pihak.
1. Owner : adalah pemilik produk atau jasa.
2. Marketer : adalah para ahli pemasar produk yang tidak memiliki produk sendiri
3. Publisher : adalah para pemilik web yang menyediakan ruang bagi promosi produk.

Lalu, "Mengapa Lebih Mudah dibanding Bisnis Offline?" Ada banyak hal yang membuat bisnis secara online lebih mudah dibandingkan dengan bisnis secara offline, berikut alasannya.

1. Modal yang Dibutuhkan Tidak terlalu Besar (Sesuai Isi Dompet Anda).
Ya, bisnis online bisa dirintis dengan menggunakan modal yang kecil. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan biaya sewa tempat dan karyawan yang murah dan banyaknya metode bisnis yang tersedia di online. Saya beri salah satu contoh metode bisnis online yang paling murah, yaitu menjadi seorang Affiliater. Dengan menjadi Affiliater, anda hanya diharuskan untuk menjual produk milik orang lain. Lalu, Setiap ada transaksi yang berhasil anda capai, anda akan mendapatkan komisi dari usaha anda tersebut. Dan masih banyak lagi metode bisnis online yang dapat dilakukan tanpa bermodalkan dana yang besar.

2. Dapat Dilakukan Kapan Saja dan Dimana Saja.
Tidak ada batasan waktu untuk berbisnis menggunakan internet ini. Anda bisa melaksanakannya pagi, siang, sore, bahkan malam hari. Juga tidak ada batasan tempat pada bisnis online. Anda dapat melakukannya di rumah, sekolah, kantor, dan tempat-tempat lainnya yang anda kehendaki. Dua hal ini juga yang menjadi faktor pendorong sebagian besar pebisnis online untuk terjun ke bisnis online mereka. Ya, mereka yang memiliki kesibukan dengan sedikit waktu senggang yang juga mau memanfaatkannya itu ternyata malah memulai bisnis yang diannggap sebagian besar orang tidak menjanjikan ini. Itu artinya, bisnis online dapat dijadikan sebagai bisnis atau kerjaan sampingan.

3. Produknya fleksibel, lebih banyak macam.
Pada bisnis online, anda dapat menjual apa saja. Mulai dari aksessoris dan pernak-pernik, makanan, barang bekas, barang elektronik, barang mewah, bahkan keahlian anda sekalipun. Ya, anda bisa mengubah bakat dan keahlian anda dalam bidang tertentu menjadi pundi-pundi rupiah bahkan dolar dengan cara menjual jasa, seperti jasa pembuatan web, jasa pengeditan foto, jasa desain banner, dan masih banyak lainnya. Anda hanya perlu mencari tahu pada bidang apa bakat dan keahlian anda. Bagi anda yang merasa belum memiliki keahlian tertentu, jangan berkecil hati karena dengan adanya arus informasi yang pesat di internet, anda dapat dengan mudah mempelajari tentang minat dan kegemaran anda agar bisa dijual kepada konsumen.

4. Metode bisnisnya yang beranekaragam
Dengan berbisnis secara online, anda diberi kemudahan untuk memilih metode bisnis yang diinginkan. Mulai dari yang paling mudah, yaitu membuat blog atau website untuk bisnis anda. Ada juga bisa membangun toko online, menjadi affiliate marketer, menjadi publisher iklan, menjadi penulis artikel, menjual produk fisik (aksessoris, kerajinan tangan, barang bekas, dsb), menjual produk digital (seperti e-book, video, atau membership) dan masih banyak metode lainnya.


Lalu kemudian muncul juga pertanyaan, "Mengapa Lebih Menguntungkan dibanding Bisnis Offline?" Disamping dari kemudahannya yang telah dijabarkan di atas, ternyata masih ada beberapa hal yang membuat bisnis online lebih menguntungkan dibandingkan dengan bisnis offline.

1. Wilayah Jangkauannya Seluruh Dunia (Global).
Itu artinya, pasar (jangkauan) anda di online jauh lebih luas dibandingkan pasar fisiknya di offline (toko). Setelah anda meng-onlinekan bisnis anda, maka akan berdampak pada persentase trasaksi yang terjadi pasti akan meningkat, dan pemasukan anda bisa lebih banyak.

2. Usaha yang Bersifat Digital Bebas dari Pajak Apapun
Jika anda menjalankan bisnis offline seperti membuka toko elektronik, maka anda di wajibkan untuk membayar pajak, baik itu bangunan maupun pendapatan. Namun hal ini tidak berlaku pada bisnis online. Karena sebesar apapun bisnis yang anda jalankan, sebesar apapun pendapatan yang anda dapatkan, asalkan usaha anda bersifat digital, maka tidak ada yang namanya pajak dalam bentuk apapun. Mungkin anda hanya perlu membayar jasa sewa seperti sewa hosting dan juga domain.

3. Produk Digital Buatan Anda Dapat Terjual Tanpa Mengurangi Stok.
Mengapa demikian? Itu artinya misalnya satu buah produk digital yang anda jual (misalnya e-book). Ketika e-book A telah di beli oleh pembeli pertama, maka e-book A tidak akan berkurang, dan pembeli kedua hingga pembeli ke-sepuluh dapat membeli lagi e-book A dengan keuntungan yang sama tanpa perlu anda pasok atau buat lagi produknya. Bayangkan jika e-book anda memang disukai oleh orang dan laku terjual kepada 1000 orang. Berapa banyak keuntungan yang anda dapatkan hanya dengan menjual 1 buah e-book, belum lagi jika anda membuat 10 e-book dan juga membuat video-video pembelajaran tentang tutorial-tutorial pembuatan aplikasi yang juga anda jual bersama dengan aplikasi-aplikasi buatan anda. Tidak akan pernah berkurang stoknya. Pernahkah anda membayangkan sebagian dari mereka itu membeli ketika anda sedang tertidur lelap dan rekening anda akan selalu terisi oleh dolar-dolar bahkan ketika anda sedang tertidur pulas. Saya rasa anda akan menjadi jutawan dalam sekejap.

4. Penghasilan yang Melimpah Bahkan Diluar Dugaan.
Hal ini memang benar. Tidak ada seorang pun yang bisa memastikan seberapa besar pendapatan anda didunia online. Hal ini tergantung pada keadaan pasar global. Disaat pasar global sedang dalam keadaan terbaiknya, anda bisa mendapatkan penghasilan yang bahkan di luar perkiraan anda. Hal ini juga biasanya tergantung seberapa besar fungsionalitas produk yang anda jajakan. Maka dari itu, mulai dari sekarang, pikirkan apa keahlian dan bakat anda, lalu singkronkan dengan kebutuhan yang memang dibutuhkan banyak orang saat ini, baik berupa barang maupun jasa. Lalu anda dapat mendulang dolar dengan cepat.
Namun, dalam dunia bisnis online anda diharuskan pantang menyerah, konsisten, dan terus mencoba. Karena sangat jarang, semuanya indah pada percobaan pertama. Semua itu membutuhkan proses yang akan membentuk bisnis anda kedepannya. Jadikan kegagalan sebagai batu asah yang mengasah ketajaman pemikiran anda dalam menyelesaikan masalah di depan nantinya.

Mungkin cukup sekian dulu informasi yang dapat saya sampaikan tentang “Apa itu Bisnis Online? dan Mengapa Lebih Mudah dan Menguntungkan dibanding Bisnis Offline?” Jika berkenan, kami mohon kesudian anda untuk memberikan tanggapan berupa pendapat, kritik, dan masukannya atas artikel ini agar lebih menyempurnakannya menjadi ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang.
Disqus Comments