![]() |
Picture dari Maxmanroe.com |
Memiliki blog yang disukai dan disenangi oleh banyak orang
adalah impian setiap blogger. Mengapa? Tentu saja ketika blog anda disukai dan
disenangi banyak orang maka apa yang anda akan rencanakan pada blog anda
seperti popularitas atau monetisasi blog akan semakin berpeluang untuk
terwujud. Namun, bagaimana anda bisa mengetahui bahwa blog anda disukai atau
tidak oleh pengunjungnya.
Jika blog anda sudah memenuhi ciri-ciri di bawah ini, itu
menandakan jika konten yang anda tawarkan memang relevan dan berkualitas, dan
anda telah berusaha dengan maksimal untuk membuat pengunjung merasa betah dan
nyaman berada di blog anda.
Langsung saja kita bahas tanda-tanda atau ciri bahwa blog
yang anda miliki disukai oleh banyak orang.
1. Return Visitor
Ciri pertama yang menandakan bahwa blog anda disukai oleh
banyak orang adalah adanya return visitor. Apa itu return visitor? Return
visitor adalah pengunjung blog yang mengunjungi kembali blog anda untuk kedua
kalinya, atau lebih. Itu berarti, pengunjung itu suka dan tertarik untuk
mengunjungi lagi blog anda, baik itu untuk kedua kalinya, ketiga kali dan
seterusnya.
Lalu kira-kira bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui
visitor datang lebih dari satu kali (return visitor)? Caranya mudah, Anda cukup
menginstall Google Analytics pada blog Anda. Dari Google Analytics ini
kemudian Anda perlu melihat indikasi return visitor ini di bagian audience
overview.
2. Bounce Rate dan Avg. Session Duration
Selanjutnya, ciri kedua yang menandakan bahwa blog Anda
disukai dan disenangi banyak orang adalah adanya bounce rate dan avg. session
duration. Lalu Apa itu bounce rate dan avg. session duration?
Bounce rate adalah persentase banyaknya visitor yang hanya
mengunjungi satu halaman atau pages dari situs Anda dan setelah itu pergi
meninggalkan blog Anda. Bisa dikatakan bounce rate itu kurang baik bagi blog
anda, karena biasanya hal itu dilakukan oleh orang-orang yang kurang memiliki
ketertarikan pada blog anda.
Sedangkan Avg. session duration merupakan lamanya waktu
yang dihabiskan oleh visitor dalam 1 sesi kunjungan (dimana umumnya 1 sesi
dihitung per 30 menit).
Dari sini diperoleh kesimpulan bahwa semakin rendah bounce
rate blog anda maka akan semakin baik pula nilai blog Anda, dan sebaliknya,
Sedangkan untuk avg. Session duration sendiri adalah berlaku ketentuan bahwa
semakin lama waktu dari avg. session duration blog Anda maka artinya blog Anda
bernilai baik, karena itu pertanda bahwa blog anda banyak disukai visitor yang
banyak menghabiskan waktu untuk mengulik isi blog tersebut.
3. Komentar
Ciri selanjutnya yang menandakan sebuah blog disukai dan
disenangi banyak orang yaitudengan banyaknya komentar yang muncul. Komentar
memang akan selalu menjadi ukuran atau standar bahwa visitor telah membaca
dengan tuntas dan merespon isi blog. Nah dari sini berlaku ketentuan bahwa
semakin banyak orang yang berkomentar di blog Anda maka itu artinya semakin
mencerminkan bahwa blog tersebut disukai dan disenangi visitor.
Tapi khusus untuk komponen yang satu ini Anda perlu
memperhatikan bahwa komentar yang dihitung sebagai pertanda disukainya suatu
blog adalah komentar yang benar-benar sebuah komentar atas isi artikel blog,
bukanlah komentar yang berupa promosi atau spam lainnya atau juga komentar
berupa link blog yang hanya ingin sekedar meninggalkan backlink untuk blognya
sendiri.
4. Share atau Back link
Hal yang juga mencerminkan bahwa blog Anda disukai dan
disenangi banyak orang adalah adanya back link blog Anda yang dilakukan orang
lain yang mungkin tidak Anda kenali. Tidak hanya sekedar back link, adanya
sharing artikel atau tulisan yang Anda tulis oleh visitor Anda juga menunjukkan
bahwa blog Anda disukai dan disenangi orang. Satu hal lagi jika ada visitor yang
kemudian merekomendasikan blog Anda maka itu juga sebuah tanda bahwa blog Anda
disukai dan disenangi netizen.
5. Subscriber atau Followers
Terakhir, ciri dan tanda bahwa blog disukai dan disenangi
banyak orang adalah adanya jumlah subscriber atau followers yang banyak. Apa
itu subscriber? Subscriber adalah orang-orang yang mendaftarkan email mereka
untuk berlangganan dan mengikuti blog Anda. Subscriber ini bisa dibilang
semacam follower atau pengikut dalam media sosial, namun di blog istilahnya
adalah subscriber. Subscriber juga bisa diibaratkan sebagai pelanggan
artikel-artikel blog Anda.
Nah maka dari itu subscriber ini adalah hal yang penting
untuk siapapun yang ingin blognya populer atau menghasilkan pendapatan. Maka
dari itu cobalah membuat konten-konten yang orisinil dan bermanfaat bagi banyak
orang agar kemudian banyak visitor yang mendaftarkan emailnya sebagai tanda ia
menjadi subscriber.
Sumber : maxmanroe.com