Selasa, 16 Mei 2017

7 Cara Paling Efektif Meningkatkan Traffic Blog Secara Offline

7 Cara Paling Efektif Meningkatkan Traffic Blog Secara Offline (picture)
Traffic merupakan salah satu hal yang mengindikasikan seberapa berkualitasnya sebuah blog. Semakin besar traffic (lalu lintas) yang didapatkan sebuah blog, itu berarti semakin banyak pengunjung yang datang dan berlalu lalang di blog itu. Jika blog sudah memiliki banyak pengunjung, maka blog itu dianggap memiliki konten yang relevan dan berkualitas.

Lalu bagaimanakah cara meningkatkan traffic sebuah blog?
Internet menyediakan banyak cara untuk meningkatkan traffic blog kita. Jika anda melakukan browsing di google tentang “Cara Meningkatkan Traffic Blog,” maka anda akan menemukan banyak sekali cara untuk meningkatkan lalul lintas blog anda. Mulai dari penggunaan tehnik SEO, promosi blog di media sosial, mensubmit peta situs blog ke search engine, mencari backlink berkualitas, dan masih banyak lagi.

Namun khusus untuk artikel ini, kami akan mengulas hal yang berbeda dari biasanya yaitu “Cara-cara Meningkatkan Traffic Blog Secara #Offline.”

Meningkatkan traffic blog secara online memang terbilang mudah dan cepat, namun bukan berarti tidak memiliki dampak negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah, misalnya jika anda membagikan link blog atau artikel anda di Facebook secara berlebihan atau tidak ada yang merespon, maka postingan yang telah anda bagikan tersebut akan dianggap sebagai sebuah spam oleh robot Facebook. Hal ini pasti akan berakibat buruk jika situs besar yang dapat memberikan backlink berkualitas seperti Facebook ternyata telah menganggap blog anda sebagai blog spam.

Lain halnya jika anda menggunakan metode offline. Anda akan langsung bertemu dengan ‘Manusianya’ sehingga tidak ada kata ‘SPAM’, karena robot pencari tidak akan berperan serta di sini.
Meningkatkan traffic blog menggunakan metode ‘Offline’ tidak hanya dapat dilakukan sebagai usaha menambah traffic ketika kuota internet anda sudah habis, atau sebab apapun sehingga anda tidak dapat terhubung dengan jaringan internet. Namun metode ini juga dapat digunakan beriringan dengan metode online. Metode offline ini ternyata juga sangatlah murah dan efektif. karena yang akan kami bahas ini menggunakan cara yang sesuai dengan isi dompet anda dan yang ditemui adalah inti dari traffic itu sendiri, yaitu Manusianya langsung.

Anda masih penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak ulasan berikut ini. Berikut ini 7 Cara Efektif Meningkatkan Traffic Blog Secara Offline.

1. Membuat Desain Baju Dengan Domain Blog
Desain Baju Mas Sugeng (picture)

Bagi anda yang suka berpergian ke tempat-tempat yang ramai atau tempat umum, cara ini akan sangat efektif karena akan membuat orang-orang yang melihat menjadi penasaran tentang konten dan fitur apa yang terdapat pada situs dengan domain tersebut.

Jangan mendesain baju ini secara berlebihan dengan berbagai macam pernak-pernik (gambar) yang akan membuat fokus orang-orang kepada domain anda teralihkan.

2. Buat Stiker Dengan Domain Blog
buatstiker.com (picture)

Membuat stiker bertuliskan domain blog merupakan cara lain yang efektif untuk meningkatkan traffic blog anda. Setelah membuat desain dan meng-print kan stiker domain milik anda dengan seunik dan sekeren mungkin, anda dapat menempelkan stiker-stiker tersebut pada laptop, pc, handphone, sepeda motor, mobil, pintu rumah dan tempat-tempat strategis lainnya. Yang perlu diingat dalam masalah penempatan stiker ini adalah, jangan menempelkan beberapa atau banyak stiker pada lokasi yang sama atau berdekatan, karena malah akan membuat orang yang melihatnya risih dan terganggu.

3. Buat Brosur Yang Berisi Tentang Apa Yang Dibahas Pada Blog Anda
Brosur Training Desain Grafis (picture)

Tips ini tidak berbeda jauh dari tips no. 2. Yang membedakannya adalah, disini anda tidak hanya menulis domain atau link blog anda, tetapi anda juga harus menambah ulasan tentang apa yang dibahas pada blog anda. Intinya tulis apa yang membuat orang membutuhkan blog anda, informasi tentang apa yang anda tawarkan.

Hal lain yang membedakannya dengan point no.2 yaitu terdapat pada penempatannya. Berbeda dengan stiker tadi, untuk penempatan brosur ini anda harus berani untuk menempelkannya pada tempat-tempat umum, tempat-tempat dimana anda sering melihat brosur seperti iklan lowongan kerja, sedot wc, ahli gigi, atau tempat lain sesuka anda. Anda juga dapat menempelkan nya pada bangku taman, tiang lampu jalan, halte, stasiun, pelabuhan, dsb. Saya tidak terlalu merekomendasikan anda untuk melakukan point no. 3 ini, dikarenakan mungkin akan sedikit menyalahi aturan.

4. Membuat Domain Blog Pada Tampilan Desktop
Cara ke-empat ini akan sangat efektif jika saat ini anda adalah seorang pelajar/mahasiswa atau pekerja kantoran. Semisal anda tengah menjadi seorang presentator yang mempresentasikan tugas anda di sekolah atau di kantor anda, maka seluruh peserta yang menyaksikannya akan melihat domain blog yang sudah anda pasang di desktop, mulai dari teman sekelas, guru, atau rekan kerja dan bos anda sendiri.

Point yang harus anda ingat ketika menggunakan metode ini, anda harus mendesain sebaik mungkin tapilannya agar terkesan elegan dan dewasa. Jangan sampai terlalu banyak aksessoris yang tidak diperlukan, karena akan menghilangkan rasa penasaran mereka yang melihatnya. Lain lagi ceritanya jika anda adalah seorang desainer grafis.

5. Menjadikan Domain Blog Sebagai Nickname Akun Game Online Anda
Jika selain berkecimpung di dunia blogging, anda juga seorang gamer, anda sangat beruntung karena anda dapat memanfaatkannya untuk memaksimalkan traffic blog anda. Caranya dengan menamai akun game anda menggunakan domain blog. Sebuah game biasanya dimainkan oleh jutaan gamer. Ini adalah kabar baiknya, karena tidak sedikit dari mereka pastinya yang akan penasaran dan kemudian membuka blog anda.

Selain menjadi nama akun, anda juga dapat menggunakan domain blog sebagai nama-nama fitur lainnya yang tersedia pada game online. Misalnya pada game tersebut, anda adalah seorang Clan Master, maka anda juga dapat menamai clan anda dengan nama blog anda. Hal ini tergantung pada cara anda menganalisa fitur-fitur pada game yang anda mainkan agar dapat mengambil manfaat lebih darinya.

6. Ubah Nama Hotspot Menjadi Domain Blog
Cara ini akan sangat ampuh jika anda sering bermain di tempat yang menyediakan fasilitas wi-fi gratis maupun berbayar, yang penting ramai penggunanya. Mereka yang ingin konek ke Wi-Fi tersebut pasti akan melihat domain blog sobat. Dan jika mereka memiliki rasa penasaran lebih, maka kemungkinan besar mereka akan mengunjungi blog anda. Cara ini juga ampuh jika anda adalah seorang pelajar/mahasiswa atau pekerja kantoran.

7. Tambahkan Nama Domain Blog Pada Foto Sampul Media Sosial Anda
Anda pasti memiliki akun media sosial! Bahkan saya yakin lebih dari satu, Ini juga peluang anda untuk meningkatkan traffic blog anda. Caranya cukup dengan menambahkan nama domain pada foto sampul media sosial anda, seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan masih banyak lagi. Mereka yang menyadari ada tulisan pada foto sampul media sosial anda ini biasanya akan melihat lebih dekat dengan melihat langsung kronologi media sosial anda dan kemungkinan besar, mereka akan menjadi salah satu visitor blog anda.

Sebenarnya masih ada banyak lagi cara lainnya, seperti misalnya menyewa papan reklame untuk dipasangi domain blog anda. Namun cara-cara seperti itu pastilah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sedangkan disini saya hanya membahas cara yang menggunakan low budget.


Cukup sekian dulu informasi dari saya tentang 7 Cara Paling Efektif Meningkatkan Traffic Blog Secara Offline. Jika anda memiliki cara lain dalam meningkatkan traffic blog secara offline, silahkan beritahu saya melalui komentar di bawah. Akhir kata, “Semoga traffic blog anda meningkat pesat, setelah membaca artikel ini.”
Disqus Comments