Dewasa ini kegiatan branding menjadi hal yang sangat mudah
dilakukan. Hanya berbekal perangkat genggam yang terhubung dengan internet kita
sudah bisa melakukan branding ke ribuan pasang mata.
Metode branding menggunakan media sosial merupakan kegiatan
yang sudah sangat umum dan paling diminati, baik itu menggunakan facebook,
instagram, twitter, google+, dan media sosial lainnya. Disamping media sosial,
aplikasi chat seperti line, whats app, dan bbm juga tak luput dari kegiatan branding.
Banyak dari kita beranggapan bahwa melakukan branding
melalui media sosial merupakan hal paling mudah dan efektif untuk dilakukan
oleh oleh para pelaku branding, karena dapat dilakukan darimana pun, kapan pun,
dan kepada siapa pun.
Namun, mindset ini ternyata salah, karena masih ada kekuatan
lain yang lebih besar dan efektif sebagai wadah dari kegiatan branding kita.
Kekuatan itu adalah blog.
Media sosial memang menguasai arus informasi di dunia
online. Apalagi kini penggunanya juga semakin membludak. Jika untuk kegiatan
personal branding, media sosial memang memiliki pengaruh terbesar. Namun untuk
kebutuhan branding dari sebuah brand atau produk, blog masih memegang pengaruh
nomor satu.
Pada dasarnya, sebuah brand tidak dapat terlepas dari blog.
Ternyata blog memiliki peran besar bagi perkembangan sebuah
brand. Oleh karena itu, kami telah merangkumnya kedalam Alasan-alasan Mendasar
Kenapa Brand Anda Harus Memiliki Blog, dikarenakan 5 hal berikut.
1. Memperkuat Identitas Brand itu Sendiri
Saat ini, tidak hanya para pebisnis online yang menggunakan
blog untuk memperkuat identitas brand mereka. Para pebisnis offline, bahkan
yang masih pemula sekalipun sudah memperankan blog sebagai pendukung kegiatan
branding mereka.
Dengan menggunakan blog, citra bisnis dari sebuah brand atau
produk akan muncul ke permukaan. Citra ini yang nantinya akan memperkuat
identitas brand anda. Banyak para pelaku bisnis yang berniat membangun citra
bisnis mereka. Namun mereka melakukan hal yang kurang tepat karena tidak
mendirikan sebuah blog ‘resmi’.
Membangun citra bisnis adalah keinginan besar para palaku
bisnis. Oleh karena itu, membangun sebuah blog yang baik adalah langkah awal
yang sangat tepat untuk anda lakukan sekarang ini.
2. Sarana Promosi yang Murah dan Efektif
Meskipun saat ini bisnis yang sedang anda jalankan berbasis
pada bisnisi offline dan tidak berhubungan dengan internet, namun tidak ada
salahnya jika anda mulai menggunakan blog sebagai media promosi bisnis anda. Menggunakan
Blog sebagai media promosi merupakan metode yang sangat tepat.
Selain murah, menggunakan blog ternyata sangatlah efektif.
Apalagi ketika blog anda sudah mampu mendatangkan banyak pengunjung. Tentu
tidak sedikit dari mereka akan tertarik dengan bisnis atau produk anda. Lalu
pengunjung-pengunjung itu pun berubah menjadi ‘konsumen’ yang akan membeli
produk ataupun membayar jasa yang anda tawarkan. Meskipun tidak semua
pengunjung blog anda akan melakukan transaksi kepada anda.
3. Meningkatkan Popularitas Menggunakan Tehnik SEO Blog
Ketika anda menggunakan blog sebagai media promosi, maka mau
tidak mau anda juga dituntut untuk menggunakan tehnik SEO yang nantinya akan
anda aplikasikan kepada blog bisnis anda.
Penerapan SEO (Search Engine Optimization) merupakan langkah-langkah
yang harus anda terapkan ke blog anda, guna mengoptimalkan blog anda. Sehingga
blog anda dapat muncul di halaman pertama mesin pencari, seperti google, bing,
yahoo, dan masih banyak lagi.
Ketika blog anda menempati urutan pertama mesin pencari,
tentu hal ini akan berdampak baik. Pengunjung blog anda akan semakin banyak dan
membludak. Ketika pengunjung blog anda sudah sangat banyak, pastinya hal ini
juga berimbas pada peningkatan transaksi ke bisnis anda.
Oleh karena itu, popularitas blog berbanding lurus dengan
keuntungan bisnis anda. Semakin Populer blog bisnis anda, maka semakin banyak
pula uang yang akan masuk ke dalam rekening anda.
Namun jika anda tidak mampu menguasai tehnik SEO, anda tidak
perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak para penyedia jasa SEO yang
bertebaran di dunia maya. Menggunakan orang lain sama artinya dengan merogoh
kocek lebih dalam. Ingin menggunakan jasa SEO atau mempelajarinya secara
otodidak, adalah pilihan anda sekarang.
4. Mengontrol Arus Informasi
Disaat brand anda mengalami masalah, sedang meluncurkan
fitur baru, atau hal-hal lain yang mungkin menimbulkan rasa penasaran publik.
Blog bisa menjadi tempat semua arus informasi ‘resmi’ berpangkal. Jadi anda
dapat memastikan bahwa masyarakat akan memperoleh informasi langsung dan akurat
dari media milik anda sendiri, bukan dari gosip atau isu yang beredar di media
sosial.
Misalnya, jika suatu saat brand anda diterpa krisis dan
desas-desus mulai bertebaran di luar sana. Anda akan mengerti betapa memiliki
sebuah blog resmi adalah sebuah keputusan yang sangat tepat. Tanpa adanya blog,
bayangkan bagaimana cara anda berkomunikasi dengan masyarakat, alat apa yang
akan anda pakai untuk memberikan klarifikasi atau rilis resmi?
5. Pangkal dari Aktivitas Media Sosial
Saat ini mungkin hampir tidak ada brand yang tidak memiliki
media sosial. Namun, apa yang anda publikasikan di media sosial tidak akan
bertahan lama. Seperti yang kita tahu, timeline atau news feed tak pernah
berhenti mengalir.
Saat anda mempublikasikan sesuatu di media sosial, dapat
dipastikan informasi tersebut tidak akan bertahan lama dan dengan cepat terkubur
oleh hal lain. Lagipula, seberapa banyak informasi yang bisa dimuat oleh
sebuah update di media sosial?
Berangkat dari masalah tersebut, blog adalah solusinya. Blog
bisa menjadi sebuah alat yang menjadi muara bagi segala
aktivitas brand anda di media sosial. Pengumuman
tentang event kompetisi atau kuis, misalnya, tinggal tulis saja
penjelasan lengkapnya di blog. Media sosial yang bertugas menyebar ‘undangan’.
Tidak hanya menjadi pangkalnya, tapi masyarakat juga pasti
akan lebih percaya, karena informasi resmi itu disampaikan atau
diklarifikasikan oleh sebuah blog yang tentunya terilhat lebih profesional
dibanding media sosial.
Mungkin cukup sekian dulu informasi yang dapat saya
sampaikan berkaitan dengan Peran penting Blog bagi Kelangsungan Brand Anda.
Bagaimana pendapat anda tentang informasi ini? Jangan lupa berikan tanggapan,
kritik dan saran yang membangun melalui kolom komentar di bawah.
Jika menurut anda informasi ini menambah ilmu dan wawasan
anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada sesama yang membutuhkan. Ingat,
sebarkanlah ilmu, walaupun hanya sedikit. Oke!